Langsung ke konten utama

Melapis Chrome Membawa Petaka

Cerita ini bukan cerita mengada ada tapi suatu kejadian yang harus diwaspadai demi kesehatan dan keselamatan (health and safety). Jadi memang pelapis chrome bukanlah sembarang dipakai agak terlihat lebih menarik saja tetapi ada hal hal yang malahan tidak boleh dilakukan untuk diterapkan di tempat tertentu. Memang jika pelat besi atau steel sheet dilapis dengan krom akan jadi lebih awet karena krom ini tahan terhadap karat sehingga mencegah pengaruh udara luar terhadap pelat besi itu.

Lapis Krom

Kejadiannya ketika ada pesawat yang jatuh baling balingnya lepas dan terjadi kebakaran pada mesin sebelah kiri. Pesawat jatuh dan tentunya menyebabkan semua penumpangnya meninggal. Di dalam ilmu safety jika pernah terjadi kecelakaan karena sebab yang jelas maka itu merupakan critical point untuk masalah safety yang tidak boleh terulang terjadi pada suatu organisasi, sehingga masalah kecelakaan dengan akibat yang sama bisa dihindari. Kembali ke permasalahan, jadi setelah diselidiki penyebab utamanya adalah poros baling-balingnya ada yang retak yang menyebabkan patah karena putaran yang tinggi.

Pada penyelidikan lebih jauh ternyata karena pada poros baling baling itu pernah direpair karena sedikit aus. Perlu diketahui bahwa material poros pesawat ini kan bukan sambarangan dan tentunya sangat mahal. Karena itu ausnya juga sangat sedikit hanya dalam orde mikron, jadi rupanya tidak diganti karena kan sparepartnya sangat mahal. Untuk memenuhi spesifikasi maka jalan keluarnya poros tersebut dilapis dengan krom yang hanya bisa sampai ketebalan mikron saja gak akan bisa tebal sekali. Proses pelapisan dengan krom sendiri membutuhkan treatment awal dengan digosok dan dibubut. Rupanya pada proses penghalusan ini ada goresan yang pada kasus kecelakaan ini goresan tersebut menjadi jalur retaknya baling baling jadi bukan semata mata karena kromnya saja tapi pada proses pelapisan dengan krom (chrome plating process). Nah itulah kenapa pelapisan krom tidak diperbolehkan untuk spare part mesin, apalagi dibagian yang berputar. Untuk melihat lebih detail gambar kecelakaan ini bisa dilihat di chrome plating failure make aircraft accident.

Komentar

Postingan populer dari blog ini